INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Rangkaian Acara Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh

Tragedi Tsunami Aceh saat 10 tahun lalu

Banda Aceh - Persiapan refleksi 10 tahun tsunami terus dimatangkan. Sederet agenda digelar di Kota Banda Aceh, untuk mengenang bencana tersebut. Sedikitnya 5 ribu undangan dari dalam maupun luar negeri akan hadir.

Ketua Panitia 10 Tahun Tsunami, Azhari Hasan mengatakan rangkaian kegiatan peringatan sedekade tsunami akan dimulai dari 25 hingga 28 Desember 2014. “Sedang kita siapkan dengan sangat baik,” katanya di Banda Aceh, Senin 22 Desember 2014.

Kegiatan peringatan 10 tahun Tsunami Aceh diawali dengan zikir, doa bersama serta tausyiah dipimpin Ustad Syech Ali Jaber di Masjid Raya Baiturrahman pada Kamis malam, 25 Desember.

Keesokan harinya upacara puncak refleksi 10 tahun tsunami digelar di Lapangan Blang Padang atau Taman Thanks to the World. Upacara dipimpin Presiden Jokowi, dihadiri 5 ribu undangan termasuk perwakilan 35 negara serta 35 lembaga international yang pernah membantu Aceh saat Tsunami.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada negara dan lembaga donor yang telah membantu Aceh dalam makan siang bersama para tamu negara.

Selain itu juga digelar pameran kebencaan dan seni kreatif di Blang Padang, serta pameran fotografi di Museum Tsunami hingga 27 Desember. Ada juga pemutaran film documenter Tsunami di Gedung Sultan Selim.

Pada malam harinya di Lapangan Blang Padang digelar Malam Kesenian dan Apresiasi Aceh untuk Dunia. Kegiatan akan menyuguhkan 32 penampilan diantaranya teater, musik dan tarian kolosal yang menggambarkan terima kasih Aceh kepada dunia. 500 rapa’i dan penari seudati akan menyerahkan ‘buah tangan’ sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat International.

Selain seniman lokal dan nasional, acara juga diisi oleh group seni dari luar negeri diantaranya group musik asal Jepang KURI, Rikkyo University, LCO, Plan International, SOS, dan Houkiboshi.

Minggu pagi 28 Desember, rangkaian kegiatan ditutup dengan lomba marathon 10 Kilometer dengan mengambil rute jalur-jalur evakuasi tsunami mulai dari Blang Padang-Ulee Lheu-Simpang Dodik-Jalan Teuku Umar-Taman Sari dan finish di Blang Padang. Hingga kini sudah 3.000 peserta mendaftar untuk ikut kegiatan ini.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :