INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Hamparan Padang Rumput Bukit Jalin Aceh Besar, Bak Permadani Raksasa

KantoMaya News, BANDA ACEH - Wisata alam Aceh tak selalu tentang pantai. Bentang alam provinsi ujung barat Indonesia itu menyuguhkan lukisan panorama yang sayang jika dilewatkan.

Dari balik Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, tersingkap keindahan bebukitan yang menghijau bak permadani raksasa.
Membuat lelah selama pendakian terbayar lunas.

Kabar gembira bagi anda pecinta hiking. Bukit Jalin, demikian orang-orang menyebutnya. Lokasi wisata yang terletak di Desa Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

"Kalau ada waktu saya memang suka naik gunung. Cuma kemarin bawa anak-anak jadi mendakinya nggak sampai puncak," terang Dessi, warga lokal yang baru-baru ini menaklukkan Bukit Jalin bersama keluarganya.

 

Siap-siap dibuat terkesima dengan hamparan padang rumput yang memeluk Bukit Jalin dibelah aliran sungai yang bergemericik di bawahnya.

Menuju lokasi
Jika berangkat dari ibukota provinsi, Banda Aceh maka memakan waktu 1,5 jam perjalanan. Jantho merupakan ibukota Aceh Besar, kabupaten yang menempel persis di pinggir Banda Aceh.

Setiba di simpang Jantho silahkan mengambil arah ke gerbang masuk Kota Jantho yang berjarak sekitar 10 Km.

Selanjutnya mengikuti dua jalur yang membelah Jantho hingga terdapat persimpangan. Ambil arah ke kiri mengikuti tanda panah yang bertuliskan `Bukit Jalin'.


Tidak ada referensi khusus yang menjelaskan mengapa tempat wisata tersebut dinamai demikian, selain dari nama desa tempat wisata itu berada.

Nah, ikuti jalan ini sampai melewati perkampungan penduduk. Jalan yang dilewati terbilang bagus dan hanya sedikit berlubang.

Pemandangan selama perjalanan akan membuka mata anda menatap keelokan Tanah Rencong. Sesampai di persimpangan yang menurun, berbeloklah ke kanan lalu lurus.

Tak perlu takut nyasar karena anda tinggal mengikuti penunjuk jalan yang ada. Jalan aspal yang berubah jadi berbatu menjadi penanda anda mendekati lokasi tujuan.

Sebelum masuk ke area bukit, terdapat petugas yang meminta retribusi di samping jalan sebelah kiri. Itulah gerbang masuk ke Bukit Jalin.

Susuri jembatan dan berbelok lah ke kiri. Seterusnya silahkan parkirkan kendaraan anda di tempat yang telah tersedia.

Di tempat itu anda bisa sekalian melepas lelah sekaligus mengisi perut dengan melahap makanan dan minuman yang dijajakan pedagang.

Siapkan tenaga anda karena perjalanan sesungguhnya baru saja dimulai.


SERAMBINEWS.COM
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :