INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Ini 25 Senjata Mematikan Milik ISIS

KantoMaya News, RAQQA -- Salah satu alasan mengapa kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dapat terus melancarkan operasi ofensifnya adalah karena perlengkapan militer yang mereka miliki. Sebagian besar senjata-senjata yang kini berada di gudang militer ISIS berasal dari Irak.

Itulah sebabnya, mengapa banyak senjata-senjata ISIS berasal dari Amerika Serikat. Selama ini, AS banyak memberikan perlengkapan militer untuk tentara-tentara di Irak. Sepert dilansir the Independent, berikut beberapa senjata yang mengisi gudang ISIS:

1. Tank T-55


ISIS diperkirakan memiliki 30 buah tank T-55, meski tak diketahui apakah kelompok tersebut mampu mengoperasikannya dengan baik atau tidak. Walau usianya cukup tua, tank ini tetap digunakan 50 pasukan di seluruh dunia. Tank ini dilindungi besi berat dan senapan 100 milimeter serta senapan mesin sekunder 7,62 milimeter.

2. Tank T-62


ISIS memiliki sekitar 15 tank model T-62 ini. T-62 merupakan tank tempur utama Soviet, yang dikembangkan untuk menggantikan T-55. Tank T-62 berlapis baja berat dan bersenjatakan senjata tank 115 milimeter dengan dua senjata mesin sekunder.

3. Tank T-72


Militan ISIS diperkirakan memiliki 10 tank T-72. Tank ini merupakan generasi tank tempur kedua Soviet. Tank kali pertama diproduksi pada 1971. Tank T-72 berlapis baja berat dan memiliki senjata utama 125 milimeter. Mereka juga memiliki senapan mesin sekunder dan senapan penghancur.

4. Kendaraan lapis baja BRDM-2
ISIS merebut sekitar enam kendaraan lapis baja ini. BRDM-2 merupakan mobil patroli lapis baja amfibi. BRDM-2 dioperasikan oleh empat kru. Kendaraan memiliki senapan mesin 145 milimeter sebagai senjata utama, dengan senjata sekunder 7,62 milimeter.

5. Kendaraan lapis baja MT-LB


Kelompok militan ini diyakini memiliki dua BRDM-2s atau MT-LB yang keduanya didapatkan di Irak. MT-LB merupakan kendaraan amfibi. Kendaraan ini diperkenalkan kali pertama pada 1960 dan masih beroperasi hingga sekarang. MT-LB bisa memuat 13 orang, persenjataan utamanya merupakan senapan mesin 7,62 milimeter.

6. Kendaraan tempur infanteri BMP-1

ISIS diperkirakan memiliki 20 kendaraan ini di gudang tempur infanterinya. BMP-1 merupakan kendaraan amfibi yang dikenalkan pada akhir 1960-an. BMP-1 dapat memuat delapan penumpang dengan tiga awak.
Mereka memiliki senapan semiotomatis 73 milimeter dan senapan mesin sekunder 7,62 milimeter.

7. Armada Humvee


ISIS mengakusisi armada AS Humvee yang didapat saat menyerbu Mosul. AS telah memberikan Humvee ini kepada tentara Irak. Kendaraan ini memungkinkan pergerakan cepat dan efektif di medan berat. Pelindung Humvee juga melindungi dari tembakan senjata kecil dan melindungi dari ledakan tak langsung. Kendaraan memberikan sedikit perlindungan terhadap ranjau darat.

8. Senjata artileri otomatis 2S1 Gvozdika 122 milimeter
ISIS diperkirakan memiliki tiga senjata jenis ini. Pertama kali diperkenalkan pada 1970-an, Gvozdika merupakan senjata otomatis, sangat bermanuver dan senjata amfibi. ISIS dapat membawa senjata ini dengan mudah. Memiliki jangkauan vertikal 9,5 mil.

9. AK 47


Meski ISIS memiliki banyak pilihan senjata, AK 47 tetap menjadi senapan serbu standar kelompok tersebut karena biayanya yang rendah, daya tahan, ketersediaan dan kemudahan penggunaannya. AK 47 ringan, cukup efektif dan mudah didapatkan.

10. Senapan Recoilless B-10 82 milimeter

Senjata ini kali pertama diperkenalkan pada 1950. Meski dianggap usang, senjata ini banyak digunakan selama perang dingin, termasuk di Suriah dan Irak.

ISIS mencuri B-10 dari berbagai pangkalan militer di Irak dan Suriah. Senapan dapat difungsikan melawan tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

11. Senapan Recoilless M40 105 milimeter
ISIS diyakini hanya memiliki satu senjata jenis ini. Ini merupakan senjata antitank ringan yang dibuat AS. Senjata ini sempat jatuh ke beberapa pasukan pemberontak di Suriah sebelum akhirnya direbut ISIS.

12. M198 Howitzer
M198 dapat menembakkan api ke atas sejauh 14 mil. Howitzer bisa meluncurkan berbagai amunisi, bahan peledak, proyektil dengan bantuan roket dan fosfor putih.

13. Peluncur Roket M79 Osa


Peluncur roket M79 Osa mampu menembak senjata 90 milimeter yang sangat efektif melawan tank dan benteng. ISIS telah menggunakan tank ini untuk melawan kendaraan lapis baja pasukan keamanan Irak.

13. Peluncur granat RBG-6


Ini merupakan peluncur granat ringan semiotomatis dan ditujukan untuk penggunaan infanteri.

14. RPG-7S


Irak dibanjiri dengan RPG-7S mulai dari pasukan keamanan Irak, Kurdi, dan ISIS menggunakan roket peluncur granat ini. Senjata ini sangat portabel, dapat dikendalikan di bahu, dan meluncurkan senjata antitank. Selain tahan lama dan relatif murah, ini juga cukup mudah digunakan.

15. Peluncur Roket Ganda

ISIS diperkirakan memiliki tiga peluncur roket ganda. Antara lain, UB-16 57 milimeter, tipe 63 107 milimeter, dan BM-21 122 milimeter. Sistem ini dapat menembakkan roket sejauh 13 mil.

16. Pistol lapangan tipe 59-1
Jenis pistol 59-1 merupakan senjata Cina yang meniru senjata M-46 M1954 milik Soviet. Pada satu titik, M-46 memiliki jarak terpanjang dari setiap sistem artileri di dunia, dengan maksimal tembakan mencapai 17 mil.

17. D-30 Howitzer


Senjata ini merupakan bagian dari artileri Soviet yang pertama kali dibuat pada 1960-an. D-30 harus dibawa ke lokasi dan laras dari D-30 menggunakan 2S1 Gvozdika. Senjata otomatis ini dapat menembak secara berkelanjutan lima hingga enam putaran per menit dengan jarak sekitar 10 mil.

18. Senjata antipesawat


ZU-23-2 merupakan senjata antipesawat Soviet yang diproduksi pada 1960 hingga saat ini. ZU-23-2 dapat menembak mencapai hingga dua mil dan dirancang menyerang target rendah serta kendaraan lapis baja.

19. FIM-92 Stinger MANPADS

Senjata bahu inframerah yang memandu rudal permukaan ke udara. Senjata ini sangat berbahaya dan bisa menjatuhkan helikopter dan pesawat. FIM-92 Stringer memerlukan pemeliharaan dan perawatan khusus.

20. SA-16 MANPADS


Pada 24 Agustus 2014, ISIS dilaporkan menjarah beberapa sistem rudal antipesawat buatan Rusia SA-16 dari pangkalan udara Taqaba di timur Suriah. Hasil pertempuran menewaskan lebih dari 500 orang. SA-16 dapat menjatuhkan pesawat hingga 16 ribu kaki dan bisa membahayakan helikopter dan jet tempur yang terbang rendah.

21. 9K32 Strela-2 MANPADS
Strela-2 merupakan generasi pertama sistem rudal bahu permukaan ke udara pertama Soviet. Strela-2 terus digunakan dalam konflik di seluruh dunia.

22. Senapan Mesin DShK 1938


Senapan ini berasal dari 1938. Itu merupakan senapan mesin berat standar Uni Soviet selama Perang Dunia II, dan masih dalam produksi di seluruh dunia.

DShK memiliki beberapa kegunaan, termasuk sebagai senjata antipesawat dan pendukung infanteri.
Senjata itu dapat menembak 600 putaran per menit. Senjata ini dapat dipasang di mobil dan mudah digunakan dan bermanuver.

23. Rudal antitank


HJ-8 rudal antitank telah diproduksi oleh Cina sejak 1980-an. HJ-8 memiliki jangkauan operasional hingga 6.000 meter. HJ-8 sangat efektif melawan baja, bunker, dan benteng. Tentara Pembebasan Suriah telah menggunakan rudal ini.

ISIS juga telah memperoleh 9M14m Malyutka-M, 9M111M Faktoriya, 9 M Konkrus 113, 9 K 115-3 Metis-M, 9M 133 Kornet, dan rudal antitank-RAAD sebagai persediaan.

24. Jet tempur MiG
Sangat diragukan bahwa ISIS memiliki kemampuan untuk menerbangkan MiG. ISIS telah merebut banyak senjata yang mereka tak memiliki keahlian atau infrastruktur militer untuk mengoperasikannya.

25. Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu alat paling efektif dalam 'gudang senjata' ISIS. Kelompok ini secara rutin mengeluarkan video propaganda melalui media sosial.n Gita Amanda

Independent



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :