INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Dampak Kesepian Sama dengan Merokok 15 Batang Sehari


KantoMaya News  -- Ternyata kesepian dapat membunuh Anda secara perlahan. Berdasarkan hasil penelitian Bringham Young University, kurangnya keberadaan teman di sekitar Anda akan membahayakan kesehatan Anda seperti layaknya dampak yang diberikan oleh obesitas dan merokok 15 batang setiap harinya. 

Studi lain juga menyebutkan, orang yang mempunyai minimal 3 teman dekat di tempat kerja 96 persen lebih mungkin merasa sangat puas dengan kehidupannya. 

Keberadaan teman dapat menurunkan stres, mencegah depresi, dan mendatangkan banyak manfaat lainnya. Tapi, banyak orang kehilangan kontak dengan teman-teman lama mereka dan sampai saat ini, mereka belum mendapatkan pengganti yang bisa menggantikan posisi teman lama itu.

Beberapa cara di bawah ini ternyata dapat membuat Anda membangun hubungan dengan orang baru dan membuat mereka menjadi teman Anda tanpa harus dianggap aneh.

1. Mintalah dikenalkan

Seorang psikolog klinis dan penulis buku The Friendship Fix, Andrea Bonior, mengatakan Anda akan lebih sukses ketika bertemu dengan teman baru jika Anda diperkenalkan pada mereka oleh teman-teman atau rekan kerja Anda sebelumnya. Anda juga bisa meminta untuk bergabung dan menghabiskan waktu bersama ketika mereka sedang berkumpul. 

2. Cari kenalan baru

Persahabatan yang baik cenderung terbentuk akibat seringnya berbagi pengalaman dan minat yang sama. Itu sebabnya kantor dan sekolah adalah tempat yang alami untuk berkenalan dengan banyak orang. 

Tapi, jika Anda baru pindah ke lingkungan baru, misalnya, Anda perlu menemukan beberapa orang baru dan mengajak mereka berkenalan. Atau untuk lebih cepat mendapatkan banyak teman dekat, Anda bisa pergi ke tempat sebuah komunitas yang memiliki minat yang sama dengan Anda, misalnya saja komunitas musik. "Ikuti naluri Anda, dan Anda pasti menemukan orang yang sama dengan Anda," kata Bonior.

3. Berusaha mendekatkan diri

Sangat tidak mungkin untuk memiliki ikatan yang dekat dengan seseorang jika Anda hanya bertemu satu kali. Sebuah hubungan pertemanan akan terbentuk jika seseorang bertemu beberapa kali dan menunjukkan kedekatan dan keakraban mereka. Setidaknya, Anda membutuhkan mengobrol sebanyak tiga sampai empat kali untuk membangun ikatan pertemanan yang kuat.

4. Tanyakan pertanyaan dan ingat jawabannya

Salah satu cara untuk memulai membangun hubungan pertemanan dengan orang baru adalah dengan membangun percakapan. Cobalah untuk mendapatkan obrolan ringan dari masa lalu atau membicarakan hobi masing-masing, atau bertanya tentang kegiatannya, pendapatnya tentang sbeuah persitiwa, dan hal-hal lain yang dapat membangun suasana.

Anda hasrus mengingat semua jawaban yang penting mengenai orang tersebut, agar jika Anda bertemu lagi Anda bisa mengingat kembali dan membuatnya merasa diperhatikan sehingga ia lebih tertarik membangun hubungan dengan Anda.

5. Ajak berkumpul

Anda sudah bertemu dengan seseorang beberapa kali dan menganggapnya cocok untuk jadi teman Anda, tapi Anda ragu bagaimana untuk memulainya? Mengajaknya menonton atau makan berdua tentu akan merasa canggung. Cara terbaik adalah dengan mengajak teman Anda lainnya, dan pergi beramai-ramai.


Sumber : CNN Indonesia
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :