INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Australia Luncurkan Panduan Online untuk Penanganan Tsunami

australia, internasional, tsunami,
KantoMaya News, MELBOURNE -- Surf Life Saving Australia, badan otoritas Australia untuk keselamatan air dan perairan meluncurkan panduan tsunami. Panduan ini diharapkan bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk menangani bencana tsunami.
Peluncuran panduan bersamaan dengan digelarnya pelatihan tsunami PacWAVE tahun ini yang mengevaluasi efektivitas Sistem Migasi dan Peringatan Tsunami (PTWS).
Australia ikut serta dalam pelatihan yang juga mengukur kesiapan negara-negara di dekat kawasan Laut Pacific dalam merespon tsunami. Dalam pelatihan ini, negara-negara peserta dihadapkan pada enam skenario tsunami yang melanda Jepang, Tonga, Filipina, Chile dan Peru, serta Kolombia dan Ekuador.
Sejumlah pengamat internasional, termasuk dari Indonesia diundang oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk ikut mengawasi pelatihan.
Australia sendiri setidaknya tercatat mengalami dampak tsunami sekali dalam empat tahun.
Dampak tsunami yang dirasakan oleh Australia di antaranya air laut yang meningkat diikuti dengan gelombang ombak tinggi, yang membahayakan pengunjung pantai dan perahu-perahu.
Panduan tsunami yang tersedia gratis dan bisa diunduh secara online ini dilengkapi dengan informasi-informasi interaktif, yang juga sudah disesuaikan dengan kurikulum di sekolah-sekolah di Australia.
Panduan tsunami sudah banyak tersedia secara online, tetapi belum ada panduan yang dikeluarkan secara resmi oleh badan otoritas dengan memfokuskan pada perairan Australia.
Dalam panduan ini juga tersedia peta interaktif yang mencakup beberapa perairan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia.
Panduan online ini mendapat biaya dari Proyek Nasional Manajemen Tanggap Darurat milik pemerintah Australia, yang khusus membiayai keadaan darurat.
Untuk tahun anggaran 2014-2014, dana yang dikucurkan untuk mempersiapkan bencana alam, termasuk merespon dan merehabilitasi akibat bencana, mencapai $3,7 juta atau sekitar 37 miliar rupiah.
Tidak hanya penyediaan dana, sejumlah kerjasama antara badan pemerintah, pihak swasta, dan komunitas terkait juga dibangun dan dianggap sebagai hal yang vital untuk menanggapi bencana.
Panduan online untuk tsunami yang dikeluarkan Australia bisa dilihat di sini.
Sumber : republika.co.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :