INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Aceh Pengadaan Buku Kisah Hasan Tiro di Batalkan

Aceh Pengadaan Buku Kisah Hasan Tiro di Batalkan
KantoMaya News, Banda Aceh - Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Aceh membatalkan pengadaan buku berjudul Hasan Tiro: Jalan Panjang Menuju Damai Aceh. Belum diketahui secara jelas apa alasan pembatalan pengadaan buku yang alokasi anggarannya mencapai Rp 2,8 miliar tersebut.

Kepala Unit Layanan Pengadaan Aceh Kamal M.T. saat dikonfirmasi membenarkan telah ada pembatalan tender pengadaan buku itu. "Iya, benar telah dibatalkan, sesuai surat yang disampaikan Badan Arsip kepada kami," kata Kamal, Rabu, 15 April 2015.

Data yang diperoleh Tempo dari seorang rekanan yang mengikuti tender pengadaan buku menunjukkan bahwa pihaknya telah diberi tahu perihal pembatalan itu. Rekanan yang tidak mau disebutkan namanya itu menunjukkan surat elektronik yang diterima dari panitia Layanan Pengadaan Secara Elektronik Aceh.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa alasan pembatalan adalah Surat Kuasa Pengguna Anggaran Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh selaku Pejabat Pembuat Komitmen Paket Pekerjaan Nomor 602.1/757 Tanggal 13 April 2015 Perihal Penundaan Pelelangan Pengadaan Pengolahan Buku Hasan Tiro: Jalan Panjang Menuju Damai Aceh untuk perpustakaan umum, perpustakaan pencontohan kecamatan, perpustakaan gampong, dan perpustakaan sekolah kabupaten/kota.

Tidak ada rincian alasan yang disebutkan dalam surat tersebut. Tempo mencoba berkali-kali menghubungi telepon genggam Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh Anas M. Adam, tapi tidak diangkat. Pesan pendek yang dikirim juga belum dibalas.

Sebelumnya, pengadaan buku untuk tahun anggaran 2015 itu menuai kritik aktivis di Aceh. Mantan aktivis mahasiswa Aceh, Redha Vahlevi, menilai anggaran pengadaan buku itu tak wajar di tengah kondisi masyarakat yang mayoritas berada di bawah garis kemiskinan. "Bayangkan jika anggaran Rp 2,8 miliar buat membangun rumah duafa, bisa dapat 40 unit rumah," katanya.

Sumber : Tempo.co
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :