INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Facebook Bikin Aplikasi Penembus Sensor Cina

Facebook Bikin Aplikasi Penembus Sensor Cina
KantoMaya News, Menlo Park - Sebuah rekayasa dari Facebook untuk aplikasi Android miliknya akan memungkinkan pelanggan seluler di tempat-tempat terlarang, seperti Cina dan Iran, terhubung ke jejaring sosial itu.

Ini adalah langkah besar bagi aktivis hak asasi manusia—dan akan sangat memperluas jangkauan Facebook ke negara-negara tempat layanan itu dilarang. Cina dan Iran memiliki populasi gabungan 1,4 miliar orang.

Facebook tidak mengatakan aplikasi itu khusus untuk menjangkau orang-orang di Cina dan Iran, tapi fitur baru ini mampu menghindari sensor pada jaringan telepon seluler—dan aplikasi itu benar-benar berguna untuk orang yang hidup di bawah rezim otoriter.

Mulai pekan ini, aplikasi itu akan berpasangan dengan tool anonimitas online Tor. Tor adalah sebuah sistem yang mengenkripsi dan memantulkan sinyal Internet di seluruh dunia. Ini membantu Anda menghindari sensor ketika surfing di web dan akan menyembunyikan lokasi komputer Anda yang sebenarnya.

Karena itu, Tor digunakan para penjahat untuk menghindari penegakan hukum, sekaligus melindungi orang-orang dari pemerintah tirani yang melacak apa yang mereka lakukan secara online.

Ada sebuah aplikasi mobile untuk Tor yang disebut Orbot. Facebook merekayasa aplikasi Android miliknya sehingga pengguna dapat menekan tombol di pengaturan dan aplikasi Facebook secara otomatis akan menggunakan Orbot untuk terhubung ke Internet.

Ia mengenkripsi koneksi dan menyembunyikannya dari sensor jaringan. Kemudian memantulkan sinyal ke server komputer di seluruh dunia beberapa kali, sehingga Facebook bahkan tidak tahu lokasi Anda yang sebenarnya.

Facebook mengatakan proyek ini dimulai pada musim panas tahun lalu. Ini merupakan langkah maju untuk upaya Facebook yang dimulai beberapa tahun lalu. Pada 2014, Facebook melakukan hal yang sama bagi pengguna desktop. Ia menciptakan sebuah portal website khusus untuk siapa saja yang menggunakan browser web Tor.

Tapi langkah terbaru ini berpotensi jauh lebih efektif karena 88 persen dari 1 miliar pengguna harian Facebook menggunakan ponsel mereka untuk terhubung ke layanan media sosial itu.

"Ini tentang membuat pengalaman yang lebih baik bagi orang-orang yang sudah terhubung ke Facebook melalui Tor," kata juru bicara Facebook, Melanie Ensign.

"Facebook melakukan hal ini untuk memperluas jangkauannya, yang tentu saja adalah bagaimana membuat lebih banyak uang dalam jangka panjang," kata Richard Windsor, seorang analis di Edison Investment Research.

Sebagian besar pertumbuhan Facebook bergantung pada negara-negara lain. Pada kuartal ketiga 2015, 92 persen dari pengguna harian baru Facebook berada di luar Amerika Serikat.

Cina adalah pasar besar tempat Facebook kini memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggarapnya.

Percobaan ini juga menunjukkan Tor bukan hanya alat untuk mengunjungi situs ilegal dalam gelap. "Facebook menunjukkan bahwa Tor benar-benar untuk semua orang," tutur Nathan Freitas, yang mengembangkan Orbot.

Aplikasi ini tidak tersedia di iPhone.

CNN

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :