INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

10 pantai terbaik di Indonesia

Sebagai negara yang mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia, sudah selayaknya Indonesia memiliki pantai-pantai yang menawan. Negeri kepulauan ini dikitari oleh garis pantai sepanjang nyaris 55 ribu km.

Situs perjalanan terbesar di dunia, TripAdvisor, baru-baru ini mengumumkan para pemenang Travelers' Choice 2016 untuk kategori pantai.

Pantai pemenang penghargaan Travellers' Choice ini ditentukan berdasarkan kuantitas dan kualitas ulasan dan peringat dari wisatawan mengenai pantai-pantai di TripAdvisor yang dikumpulkan dalam periode 12 bulan.

10. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Pantai berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan, Belitung., ini sangat putih dan sangat bersih. Airnya pun laut di sini berwarna biru kehijauan.


Keunikan Pantai Tanjung Tinggi adalah adanya batu-batu granit besar yang pernah dijadikan lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi. Perpaduan pemandangan yang indah antara batu granit, pasir yang putih dan air laut yang hijau kebiruan, akan menjadi pemandangan yang luar biasa indahnya. Ketika mentari terbenam, cahayanya akan menjadi penutup hari yang manis.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

9. Pantai Tanjung Aan, Lombok
Pantai Tanjung Aan adalah lokasi sempurna bagi orang yang suka ber-snorkling dan berenang. Ombaknya yang cukup tenang dan tidak terlalu dalam membuatnya istimewa bagi para penyuka snorkling. Di sini tersedia persewaan alat snorkling. Selain itu, saat sore hari permukaan air laut akan mulai naik, sehingga sangat cocok untuk berselancar.

A photo posted by Detri Rhamdhani (@0112detri_) on


Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit yang bisa dijadikan tempat untuk melihat pemandangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian.

Cara lain menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung yang tersedia di sepanjang pantai sembari menikmati kelapa muda yang bisa dibeli di sekitar pantai. Ada juga deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan lokal yang bisa dinikmati sambil memandang keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

8. Pantai Bingin, Pecatu

Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jaraknya sekitar 32 km dari Denpasar, setelah pantai Dreamland. Pantai ini segaris dengan Pantai Balangan, Pantai Dreamland, dann Pantai Padang-padang. Inilah jalur istimewa bagi para penyuka pantai yang indah.



Pantai Bingin adalah idola tersendiri bagi wisatawan yang suka ketenangan dan keindahan. Gambaran alam indahnya banyak membuat orang berdecak kagum. Pelancong yang gemar bermain selancar akan menjadikannya tempat istimewa, karena ombaknya cukup menggiurkan.


Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

7. Pantai Jemeluk, Amed
Pantai Jemeluk, Amed adalah favorit bagi wisatawan yang hobi berenang, snorkeling atau diving. Daya tarik utama daerah Jemeluk dan Amed ialah keindahan bawah lautnya yang istimewa.



Airnya lautnya sangat jernih, ombaknya tenang. Hamparan batu karang di bawah laut juga sangat menawan sehingga banyak sekali ragam ikan laut tropis yang hidup di sini.

Kawasan wisata ini masih tergolong sepi dan tampak alami. Selain keindahan lautnya, di Jemeluk dan Amed juga ada pembuatan garam tradisional yang dilakukan oleh penduduk lokal.

Di samping itu pemandangan alam di sini sangat mempesona bila dilihat dari tempat ketinggian di atas Jemeluk dan Amed. Dari sini akan tampak gunung Agung di kejauhan, perbukitan dengan lembah dan jurangnya serta hamparan laut yang luas

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

6. Pantai Mawun, Lombok
Terletak sekitar 60 km dari Mataram, garis Pantai Mawun berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah.

Sedangkan di bagian sisi Barat, pasirnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang.



Topografi garis pantai di bagian tengah cukup dalam dibanding sisi Barat dan Timur. Ombaknya juga relatif lebih besar. Karena bagian tengah berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Sementara itu di sisi Barat dan Timur terhalang oleh bukit. Sehingga di sisi ini memiliki ombak yang relatif tenang. Jika ingin bermain dan beraktivitas di Pantai Mawun, disarankan agar memilih sisi pantai Barat atau Timur yang pantainya relatif landai dan berombak tenang.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

5. Pantai Geger Nusa Dua, Bali

Pantai yang terletak di desa Peminge, Sawangan ini tersembunyi dan jauh dari jalur umum. Keheningan dan keindahan lekuk-lekuk karang di bibir pantai yang berombak tenang itu membuat suasana menjadi begitu romantis.

Tak heran jika Pantai Geger menjadi salah satu tempat favorit bagi pasangan yang sedang berbulan madu. Biasanya, pasangan-pasangan pengantin baru tersebut sangat gemar berbaring bersama di hamparan pasir yang butirannya lembut seperti merica.



Selain berjemur, kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai ini adalah berenang dan memancing, terutama jika air pantai sedang surut.

Batu-batu karang yang menyembul tampak seperti titian yang sengaja disediakan untuk masuk ke dalam dan menikmati pemandangan bawah air yang memesona. Baik pagi atau sore hari air pantai ini terasa hangat. Hal mana membuat banyak pelancong betah mandi berlama-lama di situ.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

4. Pantai Selong Belanak

Air laut di Pantai Selong Belanak sangat bening. Pantainya landai dengan bibir pantai yang memanjang, dan gugusan perbukitan hijau yang menjulang di sekililingnya menjadi lukisan yang sempurna.

A photo posted by Deniawan Pambudi (@deniawanpambudi) on

Selain pasirnya yang bisa mengeras, Selong Belanak juga mempunyai dua macam ombak, yaitu di sisi kirinya menyuguhkan ombak yang tenang dan di sisi sebelah kanannya gelombangnya yang agak tinggi. Oleh sebab itu, di sisi kanan ini kerap dijadikan sebagai spot surfing, terutama oleh wisatawan mancanegara.

Tidak hanya keindahan pantai, di Selong Belanak kita juga bisa berwisata kuliner. Kita bisa menikmati hasil tangkapan laut warga berupa ikan bakar yang dijajakan oleh ibu-ibu nelayan setempat di pinggir pantai.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

3. Pantai Nusa Dua, Bali

Pantai Nusa Dua hanya berjarak 20 menit berkendara saja dari Denpasar. Pantai yang masuk kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation) ini membentang sangat panjang dari Utara ke Selatan. Saat laut pasang dan gelombang sedang bersahabat, wisatawan biasa berenang atau sekadar berjemur. Pantai ini juga cocok untuk berselancar karena ombaknya tidak terlalu tinggi.

A photo posted by Obbie Nugraha (@bobnugh) on

Pemandangan matahari terbit juga sangat memukau di kawasan ini, semburat mentari di pagi hari yang memancarkan warna kuning keemasan, menambah warna dalam liburan. Pantai menghadap ke Timur sehingga pas untuk menyaksikan mentari terbit.

Tempat rekreasi yang berdekatan dengan areal ini camel safari, museum pasifika, golf, berlayar ke Nusa Penida.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Sepanjang tahun

2. Pantai Balangan, Kuta

Lokasi Pantai Balangan ada di Pulau Bali bagian selatan, sekitar 30-40 menit dari arah Kuta. Pantai ini sangat indah jika dilihat dari atas bukit. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang sangat dahyat. Wisatawan yang hobi berselancar pasti akan ketagihan datang ke pantai ini.


Selain berselancar, wisatawan banyak pula yang berjemur di bibir pantai dan menikmati ombak dengan papan selancarnya. Bagi yang ingin bermain main di pinggir pantai juga tidak menjadi masalah, air di pantai ini sangat jernih dan biru bagaikan warna langit.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

1. Pantai Gili Meno, Lombok

Gili Meno adalah 'tiga besar' gili di Lombok yang juga meliputi Gili Trawangan dan Gili Air. Ketiga pulau ini terletak di barat laut pulau utama Lombok. Gili Meno merupakan gili yang terkecil di antara ketiga pulau ini.



Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Gili Meno adalah menikmati keindahan bawah laut yang begitu jernih sehingga dasar lautan bisa terlihat.

Pantai-pantai di Gili Meno juga terbilang relatif sepi dari serbuan turis, sehingga suasananya santai layaknya berada di pantai pribadi. Jika tak tahan dengan sengatan matahari, di sepanjang pantai Gili Meno tersedia gazebo-gazebo yang teduh dan nyaman.

Selain tempat penangkaran penyu, di Gili Meno juga ada Meno Bird Park yang layak dikunjungi.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei - Oktober

Beritagar.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :