INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Hati-hati memotret gerhana matahari

Hati-hati memotret gerhana matahari
Sebuah peristiwa besar, apalagi yang jarang sekali terjadi, tentunya perlu diabadikan. Salah satunya adalah gerhana matahari total, yang kemungkinan besar hanya bisa dilihat dari tempat yang sama 375 tahun sekali.

Pada 9 Maret 2016, 12 provinsi di Indonesia akan berada di jalur lintasan gerhana matahari total. Sebaiknya, Anda yang tinggal di daerah tersebut tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan (baca: memotret) fenomena alam nan langka ini.

Tetapi, memotret gerhana matahari tidak bisa dilakukan sembarangan karena objek yang akan dipotret adalah matahari, bintang yang sinarnya sangat terang.

Seperti dijelaskan Direktur Medis Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, Iwan Sovani, kepada Liputan6, cahaya yang terpancar saat gerhana matahari total dapat merusak retina mata.

Ada cara tersendiri dan alat-alat tambahan untuk bisa memotretnya dengan baik dan aman, seperti yang kami sajikan dalam infografik ini.

Bagi Anda yang tak memiliki kamera profesional, silakan baca kiat-kiat memotret gerhana matahari menggunakan kamera pada ponsel dalam tautan ini.

Selamat mencoba.

BERITAGAR.ID
 
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :