INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

LG Hi-Fi Plus hadirkan audio kelas atas di G5

LG Hi-Fi Plus hadirkan audio kelas atas di G5
KantoMaya News -- LG merilis ponsel pintar modular G5 bersamaan dengan "barisan teman" yang membidik pasar pegguna kamera dan audio. Tapi ini bukan pengalaman pertama LG Mobile di sektor audio.

Mereka mulai fokus pada audio sejak meluncurkan G2. Bahkan LG menghadirkan konverter tertanam digital to analog (DAC) yang mampu mengubah file musik audio digital menjadi audio analog.

Kali ini LG Mobile menyandingkan gawai LG G5 dengan aksesori bernama Hi-Fi Plus. Perangkat modular ini merupakan hasil kerja sama antara LG dengan perusahaan audio ternama asal Denmark, B&O (Bang&Olufsen).

"Kenikmatan audio berkualitas tinggi bukan lagi terbatas bagi mereka yang memiliki perangkat audio premium rumahan. LG G5 SE memberi peluang bagi lebih banyak orang untuk menikmatinya," ujar Heegyun Jang Head of LG Mobile Communications Indonesia saat acara peluncuran LG Hi-Fi Plus di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Kehadiran DAC mandiri dalam seri G5 memungkinkan pengguna mendengarkan musik resolusi tinggi hanya lewat genggaman. Heegyun mengungkapkan, sebagian besar masyarakat masa kini mendengarkan musik lewat ponsel --yang kualitas audionya justru semenjana bila tak ingin disebut seadanya.

Aksesoris Hi-Fi Plus mampu mengkonversi suara hingga 32 bit. Dengan proses konversi ini, hasil suara dari file digital akan terdengar lebih detail dan setiap suara instrumen dalam musik akan menonjol.

Dharmo Soedirman, Senior Editor majalah What HiFi Indonesia, mendemonstrasikan kemampuan Hi-FI Plus ke khalayak jurnalis. Dharmo memutar lagu format MP3 8 bit atau kualitas paling dasar.

Keluaran suara melalui lubang headset di bagian atas G5 SE terdengar biasa. Namun ketika dicoba melalui lubang headset Hi-Fi Plus, suara yang muncul lebih kencang dan lebih detail.

Pada era masa kini, proses perekaman dan penyimpanan sebuah musik dari sumber analog (konvensional) ke berkas digital melibatkan proses kompresi yang akan menentukan detail dan besaran berkas.

Itu sebabnya muncul varian berkas digital audio seperti 8 bit, 16 bit, 18 bit, 24 bit, dan 32 bit. Semakin tinggi satuan Bit, semakin rendah berkas tersebut dikompresi sehingga kualitas audionya menjadi lebih baik.

Hi-Fi Plus memiliki dimensi 73,9 x 43,85 x 74 mm. Apabila dipasang ke G5, bodi ponsel menjadi lebih panjang meski masih dalam taraf wajar. Aksesori ini tidak hanya berlaku (dedicated) pada G5.

Hi-Fi Plus, yang dijual dengan harga Rp2,199 juta, dapat dihubungkan ke gawai lain --bahkan komputer-- untuk menjalankan fungsi layaknya kartu suara (sound card). Namun pastikan Anda memiliki kabel USB tipe C karena Hi-Fi Plus hanya bisa mengenali antarmuka USB seperti yang digunakan LG G5.
Speaker, lubang USB Tipe C, dan lubang headset di LG G5 SE yang terpasang LG Hi-Fi Plus © Yoseph Edwin /Beritagar.id
LG G5 SE untuk pasar Indonesia
G5 juga akan dipasarkan di Indonesia. Tapi hanya versi bawah dengan embel-embel varian "SE."

Bila G5 punya RAM 4 GB, G5 SE memiliki kapasitas RAM 3 GB. G5 SE juga menggunakan prosesor lebih rendah, Snapdragon 652, sedangkan G5 menggunakan Snapdragon 820.

Dilansir Kompas Tekno, (10/5), GE SE juga diedarkan di India dan Brasil. Pra-pemesanan bisa dilakukan secara daring pada bulan ini, sementara penjualan luring dimulai pada Juni. LG menetapkan harga jualnya Rp8 juta, sudah termasuk Bang & Olufsen BeoPlay H3 Earphone.

beritagar.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :