INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Ratusan siswa meriahkan karnaval 1 Muharram di Banda Aceh

KantoMaya News - Ribuan siswa dari berbagai sekolah di Kota Banda Aceh mengikuti karnaval dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, Kamis (21/9). Tampak seluruh peserta karnaval antusias mengikuti acara tersebut.

Peserta karnaval dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mayoritas menggunakan pakaian serba putih. Tak hanya siswa, guru juga ikut bagian pada karnaval itu dengan menggunakan pakaian Islami.

Sembari berjalan kaki, peserta karnaval membacakan selawat dan sejumlah lantunan syair-syair Islami lainnya menggunakan pengeras suara sepanjang jalan.

Selama berjalan kaki mengambil start dari lapangan Blang Padang, Banda Aceh, lalu menuju Simpang Lima dan kembali ke lokasi semula, rute tersebut diperkirakan sejauh 3 kilometer. Karnaval mulai start pada pukul 10.00 WIB yang dilepas langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Sedangkan warga juga ikut antusias menyaksikan karnaval tersebut. Warga ada yang sengaja datang dari rumahnya. Mereka berdiri di atas trotoar menyaksikan karnaval.

Sedangkan yang membawa kendaraan, baik roda empat dan dua ikut parkir di pinggir jalan menyaksikan karnaval. Akibatnya ruas jalan di kawasan Jembatan Pante Pirak, Simpang Lima Banda Aceh, depan Masjid Raya Baiturrahman padat merayap.

Namun pihak kepolisian Polresta Banda Aceh sudah siaga mengatur arus lalu lintas. Sehingga karnaval tersebut tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Saya sengaja datang dari rumah mau melihat karnaval masuknya tahun baru Islam," kata seorang pengunjung, Halimaton, Kamis (21/9).

Setiap memasuki 1 Muharram, Pemerintah Kota Banda Aceh selalu menyambutnya dengan cara menggelar karnaval. Sejak kepemimpinan Wali Kota sebelumnya Illiza Sa'aduddin Djamal, kemudian kepemimpinan baru Aminullah Usman, pawai ini selalu digelar.

Merdeka.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :