INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Garuda Layani Penerbangan Medan-Sabang

Mulai 15 Januari 2015

SABANG - PT Garuda dipastikan mulai 15 Januari 2015 mendatang akan melayani penerbangan rute Medan-Sabang dengan pesawat ATR 72-600. Untuk tahap awal, penerbangan dibuka tiga kali dalam seminggu, yaitu Rabu, Jumat dan Minggu.
Adapun jadwal penerbangan yang telah disesuaikan dengan rotasi pesawat ATR 72-600. Dari Kuala Namu pesawat berangkat pukul 08.50 WIB- tiba di Sabang pukul 10.10 WIB. Dari Sabang berangkat pukul 10.50 WIB- tiba di Kuala Namu pukul 12.10 WIB.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Sabang, M Daud Imum SE menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (9/12). Menurutnya, kepastian dimulainya rute penerbangan ini setelah diterimanya surat dari PT Garuda Indonesia TBK yang dikirim kepada Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam, pada 3 Desember 2014 lalu.
Dalam surat yang ditanda tangani General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) TBK Cabang Banda Aceh, Nano Setiawan, disebutkan sehubungan dengan rencana penerbangan Kuala Namu-Sabang-Kuala Namu pada 15 Januari 2015 itu, PT Garuda mengundang undang rapat koordinasi block seat penerbangan Garuda Indonesia yang akan dilaksanakan Kamis (11/12) malam di Resort Anoi Itam.
Diakui sejauh ini belum ada kesepakatan secara tertulis antara Pemko dengan PT Garuda tentang subsidi tiket pesawat. Akan tetapi, menurut hasil kesepakatan secara tidak tertulis, bahwa pada penerbangan itu Pemko akan menanggung 20 block seat setiap kali penerbangan, dengan catatan, bila pesawat yang terbang itu dalam kondisi penuh, maka Pemko tidak perlu di block seat. “Artinya bila pesawat itu membawa penumpang 20 orang tidak perlu diblock seat. Tapi, bila penumpangnya hanya 5 orang, maka pihak Pemko harus membantu (menanggung) 15 block seat,” kata M Daud.
Menurutnya, selain nota kesepahaman izin penggunaan Bandara TNI AU Maimun Saleh sudah ditandatangani oleh Pangko Ops TNI AU, Dirjen Perhubungan Udara, Pemerintah Aceh dan Pemko Sabang, awal November 2014 lalu. Kepastian dimulainya penerbangan rute Kuala Namu-Sabang pada 15 Januari 2015 itu, juga sehubungan dengan semakin rampungnya perbaikan landasan Bandara Maimun Saleh. “Kini hanya tinggal perbaikan jalan kawasan menuju terminal sipil,” katanya.
Sesuai jadwal yang telah ditetapkan pihak PT Garuda Indoneisia, bahwa untuk tahap awal penerbangan dibuka tiga kali dalam seminggu, yakni Rabu, Jumat dan Minggu, sehingga diharapkan menambah wisatawan ke Sabang dan mendongkrak perekonomian warga. “Jika dalam perkembangannya mendapat respon yang baik dari masyarakat, maka tidak menutup kemungkinan pihak maskapai Garuda Indonesia akan menambah rute penerbangannya,” katanya.

Sumber : aceh.tribunnews.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :