INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Seabrek Kegiatan Mahasiswa Politeknik Aceh Hasilkan Robot Mata-Mata

Seabrek Kegiatan Mahasiswa Politeknik Aceh Hasilkan Robot Mata-Mata
Mahasiswa Politeknik Aceh

KantoMaya News, BANDA ACEH -- Beberapa orang Mahasiswa Teknik Informatika yang tergabung dalam Jobs Team Project Politeknik Aceh, sebuah kelompok belajar yang berkosentrasi pada pembelajaran teknologi informasi, telah berhasil membuat sebuah prototype robot mata-mata yang dikendalikan dari jarak jauh melalui Smartphone Android. Alat ini difungsikan sebagai robot yang dapat mengintai pergerakan darat melalui kamera yang terdapat di body robot.Sebagai prototype robot ini dibangun menggunakan Mobil Remote Control sebagai Chasis dari robot, sedangkan untuk komunikasi antara Robot dengan pengguna menggunakan Komputer mini bermerek dagang Raspberry Pi, Komputer Low Cost yang dapat dibawab ke mana-mana dan tidak perlu menggunakan daya yang besar untuk menjalankannya.

Sebagai robot mata-mata. Alat ini juga dilengkapi dengan wifi Access Point sehingga, alat ini mampu memberikan koneksi internet bagi para pengguna yang ada di sekitarnya. Sebagai pengontrolnya, Robot ini dikontrol melalui smartphone Android, yang mana pada tampilan interface aplikasi ini juga terdapat layar monitor dari robot, sehingga pengguna dapat melihat pergerakan robot melalui aplikasi android yang telah dirancang sebagai antarmuka pngontrolan.

Raspberry Pi adalah salah satu Technology Embedded System yang saat ini marak digunakan oleh pelaku computer scientist, alat dapat membuat berbagai macam project. Dengan harga yang terjangkau alat ini dapat dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencobanya. Jobs Team Project salah satunya penggiat Raspberry Pi di daerah banda aceh yang saat ini sering memberi pelatihan-pelatihan mengenai Raspberry Pi itu sendiri, di Instansi pendidikan dan Komunitas Masyarakat, ditambah lagi dengan aktivitas perkuliahan yang terus “memaksa” mereka untuk merancang dan mebuat alat dan aplikasi berbasis mini computer

Jobs Team Project mulai unjuk gigi ketika Relawan TIK Banda Aceh melakukan pengukuhan anggota di balai kota band aaceh(23/1/2016), yang dihadiri dari berbagai instansi daerah dan kemkominfo Republik Indonesia memberikan kesempatan untuk politeknik aceh menampilkan karya-karya yang telah dibuat yang berguna untuk masyarakat, alat yang ditampilkan antara lain : TeleponMurah Rakyat, Radio Bencana, Raspberry Pi Cluster, Drone, Astro Pi, Robot mata-mata, dan beberapa animasi Earth Hour. Ini membuat semangat dari mahasiswa politeknik aceh untuk semakin giat dan giat belajar untuk mendampingi masyarakat dengan teknologi.

Pada akhirnya, jobs team project kelas belajar dari politeknik aceh ini akan semakin semangat untuk membangun daerah dalam perkembangan teknologi, sehingga dapat menciptakan produk-produk teknologi yang bergunabagi masyarakat di sekitarnya. segala materi yang mereka telah pelajari mereka dokumentasikan di situs mereka, jobsteamproject.org

Harianaceh.co.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :