INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Tak Perlu Panik Isu Equinox, Suhu Aceh Hanya Berkisar 35-36°C

Tak Perlu Panik Isu Equinox, Suhu Aceh Hanya Berkisar 35-36°C
KantoMaya News, BANDA ACEH – Masyarakat Aceh dihimbau untuk tidak panik dengan isu hoax yang berkembang terkait fenomena Equinox yang menjadikan suhu panas mencapai 40 derajat celcius selama beberapa hari ke depan.

Dari hasil observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara di Aceh khususnya di dataran rendah maksimal berkisar 35-36°C.

“Masyarakat jangan panik. Fenomena ini merupakan peristiwa alam yang normal khususnya untuk wilayah Aceh yang berada di Utara garis Khatulistiwa. Posisi matahari tepat atau posisi hampir tegak lurus diatas wilayah Aceh berpeluang terjadi pada bulan Juni yang mengalami peningkatan suhu, namun tidak seperti isu yang berkembang saat ini yang suhunya capai 40°C,” himbau Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria saat dikonfirmasi Waspada Online, Senin (21/3).

Pihaknya menjelaskan, bahwa Equinox adalah peristiwa yang berkaitan dengan gerak semu matahari dimana dalam setahun matahari berada persis/tepat di atas khatulistiwa yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Sehingga mirip fenomena alam yang normal. Sesekali waktu memang udara terasa panas, tetapi biasanya suhu panas tidak berbarengan dengan lintasan matahari, artinya ada jeda waktunya.

“Udara panas tidak semata-mata karena intensitas matahari, tetapi juga banyaknya awan seperti halnya efek rumah kaca. Sekali lagi kami katakan bahwa fenomena ini merupakan peristiwa alam yang normal. Suhu di Aceh tertinggi yang pernah dicapai adalah 37°C, itupun jarang sekali,” ujar Zakaria.

Namun, Ia kembali menjelaskan, bila dilihat suhu udara maksimal di Aceh berkisar 35-36°C yang berlaku untuk daerah dataran rendah seperti Banda Aceh, sebagian Aceh Besar, Sigli, Bireuen, Kota Lhokseumawe dan daerah dataran rendah lainnya.

“Sedangkan untuk daerah dataran tinggi tidak sampai segitu, hanya berkisar antara 28 – 30 °C. Untuk itu BMKG Aceh kembali menghimbau agar masyarakat jangan panik dalam menanggapi isu tersebut,” himbaunya kembali.

Waspada.co.id

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :