INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Trio ponsel Asus Zenfone 3 tampil baru luar-dalam

Trio ponsel Asus Zenfone 3 tampil baru luar-dalam
KantoMaya News -- Asus merilis tiga ponsel jagoan yang dijuluki Zenfone 3, Senin (30/5/2016). Seperti dilansir melalui laman resmi, gawai asal Taiwan ini hadir dengan tiga varian yang punya perubahan cukup signifikan dibanding Zenfone generasi terdahulu.

Pertama, Zenfone 3 tidak lagi menggunakan bezel dan layar hitam. Mereka hanya menampilkan desain melengkung berkat teknologi 2,5D. Kedua, cover belakang berdesain mendatar dan tidak melengkung seperti Zenfone terdahulu.

Adapun desain di sisi samping justru dibuat melengkung. Ketiga, melengkapi segala perubahan desain itu, Asus untuk pertama kali menggunakan satu tombol fisik di bagian depan --ini hanya terdapat pada Zenfone 3 Ultra.

Adapun perubahan keempat adalah pergantian prosesor dari Intel ke Snapdragon yang tengah tren dewasa ini.

Tiga varian ini sudah menggunakan fitur SIM ganda dan berjalan di sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan tampilan antarmuka khas Asus, yakni Asus Zen UI 3.0. Lalu apa perbedaan masing-masing varian Zenfone 3 ini?

Berikut ulasannya:

Zenfone 3

 

Zenfone 3 reguler © Asus
Zenfone 3 versi reguler ini berharga paling murah. Menurut Engadget (30/5), Zenfone 3 reguler yang berbodi metal dihargai USD249 (Rp3,4 juta). Layarnya berukuran 5,5 inci melengkung 2,5D, resolusi 1080p, dan sudah dilindungi Gorilla Glass 3.

Di sisi dapur pacu, Zenfone 3 ditenagai cip Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core berkecepatan 2.0 GHz, memori internal 32/64GB dan memori RAM 3/4GB.

Untuk urusan fotografi, Zenfone 3 disematkan kamera utama berlensa 16MP lengkap dengan laser focus, dual LED flash, dan Phase Detection Auto Focus (PDAF). Sedangkan pada kamera depannya berlensa 8MP dengan bukaan f/2.0.

Zenfone 3, yang punya baterai kapasitas 3.000 mAh, dijual dalam varian warna; emas, biru, hitam, dan putih.

Zenfone 3 Deluxe

Zenfone 3 Deluxe © Asus
The Verge (30/5) mengatakan Zenfone 3 Deluxe ini adalah ponsel pertama yang seluruh bodinya dilapisi metal dengan invisible antenna line sehingga membuatnya lebih enak dilihat. Ponsel ini dilengkapi layar besar berukuran 5,7 inci 1080p dengan kualitas Super AMOLED.

Untuk dapur pacunya, Zenfone 3 Deluxe memiliki spesifikasi tertinggi di antara "saudaranya" dengan ditenagai cip Qualcomm Snapdragon 820 dengan prosesor quad-core, Adreno 530, memori internal 64/128/256GB, dan memori RAM sebesar 4/6GB. Dengan spesifikasi setinggi itu, ponsel ini dapat dipastikan mampu menjalani multi tugas (multitasking), termasuk bermain game tanpa kendala --sekalipun game dengan grafis 3D yang cukup berat.

Di lini fotografi, Asus masih mengandalkan teknologi Pixel Master 3.0 untuk kamera utama berlensa 23MP dengan bukaan f/2.0, OIS, dan PDAF. Kamera ini juga dilengkapi laser autofokus yang bisa memberi titik fokus objek kepada pengguna dalam waktu 0,03 detik. Sementara kamera depannya sama dengan milik Zenfone 3 reguler.

Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh yang mampu dicas dengan cepat berkat Quick Charge 3.0. Selain itu ada pula fitur USB Type-C, audio berkualitas tinggi, dan five-magnet speakers.

Zenfone 3 Deluxe ditawarkan dengan harga USD499 atau Rp6,8 juta dan tersedia dalam varian warna emas, perak, serta abu-abu.

Zenfone 3 Ultra

Zenfone 3 Ultra © Asus

Sesuai namanya, Zenfone 3 Ultra mengsung layar berukuran cukup besar; 6,8 inci. Bahkan ukuran layar ini mengalahkan phablet Mi Max milik Xiaomi (6,44 inci).

Phablet Zenfone kebetulan ditargetkan untuk kebutuhan hiburan ini dan memiliki fitur paling berbeda dibandung dua varian di atas. Sejumlah fitur itu antara lain five magnet stero speakers ganda, NXP smart amplifier, dan virtual 7.1 Channel surround sound. Bahkan ini diklaim phablet pertama yang menggunakan teknologi DTS Headphone:X.

Tapi keunggulan fitur hiburan tidak diimbangi dapur pacu. Zenfone 3 Ultra hanya menggunakan cip Qualcomm Snapdragon 652 dengan prosesor octa-core, Adreno 510, memori internal 32/64/128GB dan RAM 3/4GB. Sensor pemindai sidik jari terletak di bagian home --di tombol home.

Soal kamera, Zenfone 3 Ultra masih dengan varian Deluxe. Tapi daya baterai phablet ini cukup besar, 4.600 mAh, dan didukung Quick Charge 3.0. Menurut Phonearena (30/5), harga phablet ini mirip Zenfone 3 Deluxe, yaitu USD479 atau Rp6,5 juta. Dia tersedia dalam varian warna perak, abu-abu, dan merah jambu.


Beritagar.id

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :