INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Keren! Robot Dokter Gigi Sukses Pasang Implan Gigi di Cina

Kemajuan teknologi kedokteran mencapai prestasi baru. Di Cina, robot berhasil memasang implan gigi ke mulut manusia tanpa bantuan dokter gigi. Foto: SCMP
KantoMaya News, Xian, Cina -- Kemajuan teknologi kedokteran mencapai prestasi baru. Di Cina, robot berhasil memasang implan gigi ke mulut manusia tanpa bantuan dokter gigi.

Dikutip dari South China Morning Post, robot dokter gigi buatan Fourth Military Medical University dan Beihang University ini berhasil memasang 2 gigi implan pada seorang pasien wanita. Kerennya, proses pemasangan implan gigi yang berlangsung selama 1 jam ini tidak melibatkan campur tangan manusia sama sekali.

dr Zhao Yimin dari Stomatological Hospital yang mengawasi prosedur ini mengatakan ada sejumlah staf manusia termasuk dokter gigi yang berada di ruangan. Namun sang robot berhasil memasang implan dengan sukses layaknya seorang gigi.

"400 Juta pasien datang ke dokter gigi setiap tahunnya di Cina. Namun kurangnya jumlah dokter gigi dan tingginya angka kesalahan human error membuat kami membutuhkan inovasi baru demi memenuhi kebutuhan," ungkap dr Zhao.

Prosedur pemasangan implan gigi oleh robot ini sudah disiapkan sejak satu bulan sebelumnya. Robot diprogram untuk memasang gigi di daerah yang ditentukan menggunakan program khusus.

dr Zhao mengatakan margin error pemasangan implan gigi oleh robot ini berkisar 0,2 sampai 0,3 mm, sama dengan margin error yang dimiliki oleh dokter gigi berpengalaman. Tak hanya itu, robot ini juga mampu melakukan berbagai hal lain seperti membersihkan karang gigi, menambal gigi bolong, hingga mencabut gigi.

"Prosedurnya sama seperti biasa. Rongga mulut akan diperiksa, lalu anestesi disuntikkan, sebelum akhirnya implan gigi dipasang di tempat yang sudah ditentukan. Bedanya, yang melakukan hal ini semua adalah robot, bukan dokter gigi," urainya.

Ke depannya, penggunaan robot ini akan dimanfaatkan lebih luas. Salah satu targetnya adalah menjadi asisten dokter gigi untuk melakukan operasi sulit seperti pencabutan gigi dengan akar yang kuat ataupun operasi orthodontic.

Detik.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :