INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Tidak minum kopi membuat daya ingat menurun

KantoMaya News -- Suka minum segelas kopi di pagi hari sebelum beraktivitas? Mulai sekarang, jangan pernah meninggalkan kebiasaan ini karena ternyata kafein di dalam kopi bisa memperkuat ingatan.

Meminum kopi di pagi hari dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat berbagai informasi dan juga menambah rasa percaya diri.

Jadi, saat mereka lupa atau mencoba untuk tidak minum kopi di pagi hari, ingatan mereka justru akan bekerja lebih keras karena rasa candu dari kafein yang rutin dikonsumsi.

Para peneliti dari University of Tasmania menganalisa 55 peminum kopi dengan usia rata-rata 30 tahun. Setengah dari peserta diminta untuk tidak minum kopi, sementara setengah sisanya meminum kopi seperti biasa.

Kemudian mereka diminta membayangkan liburan yang pernah dijalani dan diberi tugas yang melibatkan memori, seperti mengingat 100 kata yang jarang digunakan.

Hasilnya, saat diminta menceritakan kembali liburannya atau menyebutkan kata-kata yang dipelajarinya, peserta yang tidak minum kopi mengalami kesulitan untuk melakukannya dibandingkan dengan mereka yang menikmati secangkir kopi.

Dari hasil ini terungkap, kecanduan kafein dan menghilangkan kebiasaan minum kopi dapat mengganggu seseorang untuk mengingat kenangan atau informasi baru.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ilmuwan Denmark juga menemukan, minum empat cangkir kopi panas setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25%.

Tapi, aturan ini hanya berlaku pada mereka yang hobi minum kopi tanpa kafein, seperti espresso dan cafetieres, bukan kopi yang banyak dijual di kedai-kedai kopi sekarang ini, juga tanpa pemanis maupun camilan pendamping, ya.

Efek positif yang dihasilkan oleh minuman berwarna hitam ini berasal dari cafestol, sebuah senyawa yang berlimpah dalam kopi, namun dengan jumlah yang berbeda pada tiap jenis kopi. Agar efek ini bekerja secara maksimal dalam tubuh, maka dianjurkan untuk hanya minum 400gram kopi atau setara dengan empat cangkir kopi.

Beritagar.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :