INTERNASIONAL

[internasional][bleft]

NASIONAL

[nasional][bleft]

ACEH

[aceh][bleft]

TEKNOLOGI

[teknologi][threecolumns]

EKONOMI

[ekonomi][bleft]

SPORT

[sport][threecolumns]

Buah Ini Turunkan Kolesterol, Hipertensi dan Kontrol Diabetes

KantoMaya News -- Buah kaya manfaat ini berasal dari semenanjung Malaya dan juga tumbuh di Amerika Serikat bagian selatan, Asia Tenggara, Karibia dan Amerika Latin.

Buah ini berwarna kuning ketika matang. Rasanya adalah campuran manis dan asam seperti buah anggur, pir, dan sitrus. Kombinasi ini membuatnya unik dan populer di kalangan orang-orang.

Namun, terlepas dari rasa spesifiknya, buah ini juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah ini sangat rendah kalori, yaitu hanya mengandung 31 kalori dalam 100 gram. Selain itu, buah ini juga tinggi antioksidan, vitamin C dan B, riboflavon, folat, niasin, dan mineral seperti kalsium, mangan, besi, seng, dan kalium. Lalu, buah apakah yang dimaksud?

Ya, buah menakjubkan tersebut adalah belimbing. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini.

Mengatur hipertensi

Belimbing mengandung jumlah potasium yang tinggi yang mampu mengatur tekanan darah. Konsumsi buah ini secara teratur mampu mengobati hipertensi.

Menurunkan kolesterol

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, belimbing mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tingkat kolesterol jahat. Di sisi lain, konsumsi buah belimbing akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah ini kaya vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai penyakit virus, seperti flu biasa, influenza, dan sejenisnya.

Memperbaiki kualitas tidur dan mengobati insomnia

Magnesium sangat membantu dalam kasus insomnia dan buah belimbing tinggi akan mineral ini. Mengonsumsi buah ini akan membantu Anda memperbaiki kualitas tidur dan mendapatkan istirahat yang tepat.

Mengontrol diabetes

Buah ini rendah gula jadi sangat bagus untuk penderita diabetes. Selain itu, serat di dalamnya akan menyeimbangkan kadar gula darah di siang hari, karena akan mencegah penyerapan glukosa cepat dari usus.

Mengandung antimikroba

Hasil penelitian telah menunjukkan, buah ini efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.coli, seperti Staphylococcus Aureus, Salmonella, Pseudomonas aeruginosa, dan Klebsiella.

Catatan

Meskipun belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan, buah ini tidak boleh dikonsumsi jika Anda memiliki penyakit ginjal, ginjal dialisis, atau gagal ginjal, karena buah ini tinggi asam oksalat. Jika Anda terlanjur mengonsumsinya dapat menyebabkan mual dan muntah.

Selain itu, Anda harus berhati-hati jika sedang mengonsumsi obat-obatan seperti opiat, statin, atau benzodiazepin, karena buah ini mengandung zat-zat yang dapat mengganggu obat-obatan ini, sama seperti grapefruit.


Sumber: Your Stylish Life
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :